Pengusulan Calon Penerima Program Indonesia Pintar Tahun 2021

Yth. Bapak/Ibu
1. Pengawas Sekolah
2. Kepala SMA, SMK, serta SLB Negeri
3. Kepala SMA, SMK, serta SLB Swasta
di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Nganjuk

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Menindaklanjuti Nota Dinas Bidang Pembinaan Pendidikan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Nomor : 420/251/101.2/2021 tanggal 19 Juli 2021 perihal Daftar Usulan Peserta Didik Calon Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) Dikdasmen Tahun 2021, maka dengan ini perlu kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Sekolah segera mendata Peserta Didik yang masuk kategori Keluarga Tidak Mampu ;
  2. Selanjutnya data tersebut dientrikan di Aplikasi Dapodik dan juga dimasukkan ke format excel yang telah disediakan. Format excel bisa diunduh di bawah ;
  3. Untuk ketentuan Peserta Didik yang akan diusulkan adalah sebagai berikut :
    1. Peserta Didik yang diusulkan adalah Peserta Didik kelas XII, XI, dan X Tahun Pelajaran 2021/2022 ;
    2. Peserta Didik yang diusulkan sudah dientrikan di Aplikasi Dapodik dan dinyatakan layak penerima PIP. Dan pastikan penghasilan orang tua harus sesuai dengan kategori Keluarga Tidak Mampu;
  4. Untuk tata cara pengisian format excel adalah sebagai berikut :
    1. Peserta Didik yang diusulkan diambil dari Aplikasi Dapodik. Jika tidak berasal dari Aplikasi Dapodik maka besar kemungkinan data akan tidak bisa diusulkan;
    2. Peserta Didik yang diusulkan diurutkan berdasarkan ketentuan berikut :
      1. Peserta Didik yang hanya memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa ;
      2. Peserta Didik yang memiliki Kartu KIP;
      3. Peserta Didik yang memiliki Kartu PKH;
      4. Peserta Didik yang memiliki Kartu KKS; dst.
  5. Selanjutnya usulan dikirim ke Cabang Dinas dalam bentuk Hardcopy dan Softcopy sebelum tanggal 02 Agustus 2021 pukul 12.00 WIB. Untuk softcopy dikirim ke e-mail : helpdesknganjuk@gmail.com
    1. Hardcopy
      1. Surat Pengantar dari Sekolah yang berisi Daftar Usulan Peserta Didik Calon Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2021 yang telah ditandatangani Kepala Sekolah ;
      2. Printout Format Usulan yang telah ditandatangani Kepala Sekolah ;
    2. Softcopy
      1. Scan PDF Surat Pengantar dari Sekolah yang berisi Daftar Usulan Peserta Didik Calon Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2021 yang telah ditandatangani Kepala Sekolah ;
      2. Scan PDF Printout Format Usulan yang telah ditandatangani Kepala Sekolah ;
      3. File excel Daftar Usulan Peserta Didik Calon Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2021.

Demikian untuk segera ditindaklanjuti, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

LINK DOWNLOAD FORMAT USULAN

LINK CEK KIRIMAN SOFTCOPY (akan diupdate secara berkala)