Registrasi Akun SIMPKB Bagi Guru Baru

Yth. Bapak/Ibu
1. Ketua Komunitas Guru Belajar Jenjang SMA, SMK, dan SLB
2. Guru SMA, SMK, dan SLB
di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Nganjuk

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Menindaklanjuti update informasi pada Portal Layanan Program GTK Kemendikbud tentang Penggunaan SIMPKB-ID untuk mengikuti program-program dari Dirjen GTK, maka perlu kami mengingatkan untuk Bapak/Ibu guru yang sudah masuk dapodik tapi belum pernah melakukan registrasi Akun SIMPKB agar segera melakukan registrasi secara mandiri. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Bapak/Ibu guru mencari SIMPKB-ID melalui alamat link https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk selanjutnya silahkan memasukkan data pada kolom pencarian. Jika sudah ketemu silahkan klik pada Nama pada kolom Data GTK. Perhatikan juga pada kolom SATMINGKAL, pastikan sudah sesuai dan terkoneksi dengan dapodik.
    1. Jika setelah klik pada Nama diarahkan ke halaman registrasi silahkan dilengkapi datanya dan klik tombol REGISTRASI, maka Bapak/Ibu akan mendapatkan akun SIMPKB beserta password. Simpan data tersebut.
    2. Jika setelah klik muncul peringatan bahwa akun sudah pernah diregistrasikan silahkan mengajukan resset password. Info lebih lengkap bisa dilihat DISINI.
  2. Bapak/Ibu Guru login ke SIMPKB melalui halaman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun SIMPKB masing-masing.
  3. Setelah login silahkan klik lambang strip 3 di sebelah kiri atas lalu pilih profilku. Silahkan lengkapi data di profilku, seperti Foto, Data Kontak, Data Mapel, dsb.
  4. Selanjutnya silahkan mengikuti komunitas sesuai Mata Pelajaran yang dipilih tadi. Silahkan berkoordinasi dengan ketua komunitas. Untuk melihat daftar komunitas yang bisa diikuti bisa dilihat di profil tadi. Sedangkan untuk tahapan masuk ke komunitas bisa dilihat DISINI.

Demikian untuk segera ditindaklanjuti, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.